PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

25.9.20

Teladan Saling Melayani (Yohanes 13:14)

Teladan Saling Melayani

(Yohanes 13:14)

Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu

 


 

Saudaraku,

Sebagai manusia, kita adalah mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Ada kalanya kita memerlukan orang lain dan kadang kita diperlukan orang lain. Kadang kita dilayani orang lain dan terkadang kita melayani orang lain. Namun sebagai orang percaya kita harus meneladani Yesus dimana Ia melayani murid-muridNya dengan memberikan pembasuhan kaki. Dalam konteks Yohanes 13 ini, Yesus dan murid-muridNya memasuki suatu tempat dan tak terlihat pelayan di tempat itu membasuh kaki mereka, maka tanpa terduga Yesus membasuh kaki mereka.

 

Tindakan Yesus itu tidak biasa dilakukan oleh seorang guru namun Yesus lebih dalam menjelaskan bahwa justru dikarenakan Dia guru maka muridNya harus meneladani tindakanNya bahkan saling melayani dengan membasuh kaki.

 

Teladan Yesus ini, membuka mata rohani para murid bahwa sebagai murid Yesus tidak boleh sombong, arogan dan jaga gengsi namun melayani dengan tulus dan rendah hati. Demikian juga Firman Tuhan ini menyapa kita agar saling melayani baik di rumah, di masyarakat bahkan di gereja kita. Saat new normal ini hendaknya diambil hikmanya dimana inilah kesempatan kita untuk melayani siapa saja dan dimana saja dengan harta kita, tenaga kita, jabatan kita, pikiran kita dan doa-doa kita. Kiranya teladan Tuhan Yesus selalu bergelora di dalam hati kita selalu. Amin.


Pdt Muribo Pasaribu Pendeta Fungsional HKBP Resort Cibubur Distrik VIII DKI Jakarta Raya Jl. Rawa Bola RT. 006 / 07 No. 26 Komp. Cibubur Indah II Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur 13730

No comments: