PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

25.9.20

NASEHAT DIDIKAN BERBUAH HIKMAT (AMSAL 4:1-9)


NASEHAT DIDIKAN BERBUAH HIKMAT

(AMSAL 4:1-9)


40 Ayat Alkitab Tentang Hikmat


Kitab Amsal adalah kumpulan kata-kata bijak yang berguna mendidik seseorang agar menjadi bijaksana dan berhikmat. Penulis Amsal ini adalah Raja Salomo. Raja Salomo terkenal dengan hikmatnya sehingga pada masanya lah kejayaan Israel semakin berkibar. Kali ini Salomo mengajarkan betapa pentingnya pendidikan dalam keluarga untuk menciptakan masa depan yang gemilang sesuai dengan kehendak ALLAH.


Ada 3 sorotan Firman Tuhan pada malam ini yaitu

1) Peranan orang tua sangat besar dalam mendidik keluarga khususnya pada anak-anak

Sebagai generasi penerus, anak-anak hanya bisa meneruskan apa yang dicontohkan dari orangtuanya sehingga sesungguhnya karakter anak-anak dibentuk melalui keluarga. Maka itu sangat penting peranan orangtua dalam keluarga untuk mempersiapkan calon pemimpin masa depan.


2) Melalui didikan orangtua di keluarga maka sang anak akan berhikmat dalam setiap pemikiran dan perbuatannya. Mereka akan hati-hati dalam menggunakan tubuhnya khususnya mulutnya. Ada ungkapan yang mengatakan: mulutmu adalah harimaumu. Jadi ketika berkata-kata maka mereka akan menggunakan bahasa bijak dan membangun sehingga banyak orang terberkati bukannya menjadi batu sandungan.


3) Pendidikan merupakan persiapan memasuki masa depan. Anak-anak adalah calon pimpinan masa depan maka itu persiapkan mereka sebagai pemimpin. Anak-anak adalah calon Presiden maka persiapkan mereka dengan kepemimpinan. Anak-anak adalah calon Jendral maka persiapkanlah mereka dengan kedisiplinan. Apa yang kita lakukan hari ini sesungguhnya adalah persiapan dalam mencipta di masa depan.


Melalui Firman Tuhan hari ini maka kita diajak agar dengan sadar membangun pendidikan di dalam keluarga agar keluarga menjadi berhikmat sehingga menciptakan masa depan yang gemilang. Marilah kita persiapkan pasangan kita, anak-anak kita dan cucu-cucu kita untuk memasuki masa depan yang cerah sesuai dengan tuntunan Firman Tuhan. Amin.


Pdt Muribo Pasaribu Pendeta Fungsional HKBP Resort Cibubur Distrik VIII DKI Jakarta Raya Jl. Rawa Bola RT. 006 / 07 No. 26 Komp. Cibubur Indah II Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur 13730

No comments: