PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

22.8.20

RINGKOTI MA GUMURUHON PANGANTUSION ( LUKAS 6 : 39 - 42 )

RINGKOTI MA GUMURUHON PANGANTUSION

( LUKAS 6 : 39 - 42 )

 

 Pendidikan, antara Kualitas dan Kuantitas

 

1.    Huria ni Tuhanta

Di ngolunta siapari dapot hita do pangajarion manang pendidikan Informal asing ni sian Pendidikan Formal ima di bangku parsingkolaan.

a.       Molo pendidikan Informal, i ma na gumodang dapot hita pembelajaran manang pangantusion sian angka :

-          Pengalaman-pengalaman ni angka jolma di parngoluan si ganup ari, di jabu, di alaman, di huta, di balian, nang jumping di inganan parkarejoan.

-          Manang sian Angka poda ni natua-tua

-          Molo segar do pe di parningotanta, angka filosofi ni angka natua-tua na mandok: MATA GURU ROHA SISEAN.

Mansai tangkas do pangantusion i di lapati angka jolma na jolo.

Contoh na molo ro tamu tu jabu, hape pintor dibollang anakna manang boruna, nga pintor mangatusi i...(Lapatanna: jalang tamu i, pintor baen tes I, hatop…)

 

Hape coba ma jo tapraktekon tu anakonta manang borunta, ro ma tamu, pintor tabollang, pasti kan marpingkir do pe ibana, aha o i maksud ni omak on...tupa ro tamu pintor mangangakat laho tu kamar....

 

Manang…didok: apa sih mama pelototin gua….

 

Manang …nah ndang diboto i aha naeng ulahononna...ro ma omakna, dihusiphon laos didok, bahen jo tes i ...boi do i laho tu dapur, hape dang adong gila,...ro ma mandok...ma gulanya habis...hape molo na jolo, pintor dihusiphon do I tu omakta molo habis gula,

 

Manang…pintor laho do tu warung, namboru utang jo gula i, annon pe digarar da..

 

b.    Najolo mansai tangkas do dipasahat natua-tua boha do hita naeng mangatusi boha do hita naeng mandalani parngoluaonon.

·         Tingki mahasiswa iba ni STT HKBP, adong do dosen nami, jumolo mangalehon angka poda na lelengan boi  sajom, asa pe marsiajar,

·          Sipata ninna roha ...weh tahe lelengna i...hape dung saonari..bah..toho do na nidok Bapa i hape...mungkin dang pintor marlangku nanidok na i tingki i...alai marguna do i muse ngani.

 

c.       Pendidikan Informal i, ima gumodang tajalo sian JABU do ate. Di si do kesempatan ni natua-tua mangajari angka ianakonna. Keluarga adalah lembaga terkecil sebagai pusat pendidikan , pembinaan, pusat pangajarion di partondion nang di moral pe tu anggota keluarga.

-          Di si do dapot panuturion di berkeluarga

-          Orangtua yang baik dan arif adalah yang memberikan contoh terbaik, menjadi figur, teladan iman dan perbuatan bagi anak-anak dan di dalam cinta kasih.

-          Di si ma boi marsirarian,  boi menata bersama masa depan, membicarakan bersama-sama tujuan hidup anak-anak, apalagi molo nga memasuki remaja manang dewasa.

-          Pendidikan dini bagi anak-anak sangat perlu dari rumah. 

-       Molo di zaman nuaeng on, apalagi adong si Corona, laos di son gumodang tingkita memperbaiki manang patureture angka pangalaho do, masa depanna do, boha ibana sogot molo di pangarantoan, dlan. Banyak kesempatan bagi kita oratua muda membenahi kembali masa depan anak-anak kita.

-       Ima molo pendidikan informal manjalo ajar sian natoras.

 

2.    Nah, saonari, pendidikan formal ima, di parsingkolaan. Sasintongna, molo naeng pistar do halak, tamba parbinotoan na, jala gumodang ma nian ibana marsiajar di na manggurihon di pangantusin di parsingkolaan.

a.    Ingkon GURU  na mangajari angka ianakonta, umbahen taupayahon pasingkolahon angka ianakonta satopa gogonta… sahat tu parsingkolaan na tumimbo..Molo saonari..i ma nanidokda,, S1, S2, sahat tu S3..bangga do angka natoras molo nga diparsingkolahon angka iankonta,

b.    Jadi GURU I do pangalapan parbinotoan, pangantusion,  asa lam tu pistarna angka muridna.

c.    I do didok Jesus di turpuk on, “NDADA SUMURUNG SISEAN SIAN GURUNA”.

Manang pepatah bijak Indonesia mandok, santabi bahasana: GURU KENCING BERDIRI, MURID KENCING BERLARI…lapatanna: Ingkon boi do diihuthon murid I guruna, di pangalaho, gabe teladan, tiruan ma tutu Guru I di siseanna. Sude prilaku ni guru gabe penentu do I di muridna.

 

Dalam kegiatan kita belajar, kita haruslah mencari guru yang terbaik karena hanya dialah yang dapat mengajar kita paling baik; dalam mengajar kita harus  mengingat bahwa kita tidak dapat mengajarkan apa yang tidak kita ketahui.

-      Orangtua adalah profil utama dalam keteladsanan.

 

-          Di dok Jesus molo santabi mapitung guru I, boha do bahenonna, patuduhon dalan tu muridna…boi do I ga rap madabu tu lombang…tung tartogu na ma[itung ma donganna na mapitung di dalan? Nda rap targodung ma nasida nadua..?

-          Lapatanna, Memang ingkon na gabe GURU SASINTONGNA MA ANTONG I DI MURID I…, memberikan contoh –contoh yang baik,

-          Maaf ma gabe sentilan do on di hita angka guru ate…

-          Ingkon gabe GURU ma hita di hata dohot pambahenan.

-          Molo didok Jesus I songoni, sasntongna na mengkoreksi pemahaman ni angka siboto surat ( angka halak Parise ) na jotjot sombong, angkuh, sikap fanatic, parbinotoan pendapat umum, mamang adat istiadat ni portibion on diajari angka  jolma i.

-          Molo tumng pe didok Jesus nasida angka na mapitung ala, merasa diri benar, jala jotjot do nuaeng halak, nang pe diparsingkolaan tertentu, mengindoktrinasi murid na, dicuci utok-utokna tu pemahaman na salah.  

 

 

d.   Molo taparrohahon ma angka ianakonta amang, inang, di zaman Now on, zaman saonari on: jala tabandingkon tu jolma na jolo…hamu angka natuatuanami…”HIRA NDANG MAOL DO DAKDANAK NUAENG MANGANTUSI MANDODO NA DIBAGASAN ROHANTA ON. MAOL AJARON, MAOL MANJALO SINGOT-SINGOT, KURANG HIDUP PRIHATIN, KURANG DAYA JUANG.HAPE IA LOJA HIRTA PASINGKOLAHON, DIBAHEN ANGKA LES NA dlan.

-       Molo jolma na jolo, tahe, manang iba ma, kelahiran 60 an..so tinanda on susu na bermerek..ala guru do natuatua I na jolo, na sian pemerintah i…di palastik na polos do I diboan natuatua I tu jabu…

-       Hape … molo nuaeng on, adong mengandug DHA do, macamma i. Holan purik ni indahan I do dohot dibaen gula otik manis, ido dipainum, hape pistar-pistar do ate…tabereng ma jolo, sian angka na di huta, na gabe dokter, sian do angka professor, dlna.

 IMA NA PARJOLO’

 

 

II. NA PADUAHON DI DOK DI TURPUK ON”

 

1.    UNANG SAI MANGUHUMI HITA

2.    Orang-orang yang bertugas menegur dan memperbaiki orang lain harus memastikan bahwa mereka sendiri tanpa cacat, salah, dan cela (ay. 41-42).

 

a.    Aha ma pola paberengberengonmu silbak-silbak (selumbar) na di mata ni donganmi; ia na satiang na di matami, ndang diantoi ho!

b.    Luar biasa do pandohan ni Jesusu on, ate..ternyata Yesus pujya humor yang tinggi ya,,,…bagaimana dapat orang dapat mengeluarkan terlebih dahulu selumbar (debu majo tadok) sian mata ni dongan, hape dimataniba adong satiang. Berbanding terbalik do I, ate..

c.    Di ngolunta memang jotjot do hita holan mamereng na huramnh di dongan hape kesalaahan nab alga nataulahon, ndang taakui, manang ndang tabereng.

d.   Orang yang tidak menyadari kesalahannya sendiri biasanya suka mencela kesalahan orang lain. Sungguh menggelikan bila ada yang begitu cepat melihat kesalahan kecil dalam diri orang lain, seperti selumbar di mata, sementara mereka sendiri sama sekali tidak menyadari balok di dalam mata mereka.

e.    Orang yang tidak bisa menolong dirinya sendiri, sama sekali tidak layak membantu mengubah hidup orang lain

 

f.     Ia mengajarkan bahwa kita tidak berhak  mengkritik kecuali kalau kita sendiri bebas dari kesalahan-kesalahan.

·         Hal itu berarti bahwa kita sama sekali tidak berhak mengkritik, oleh karena ada banyak keburukan dalam diri orang yang terbaik di antara kita, dan ada banyak kebaikan dalam diri orang yang terburuk di antara kita, karenanya tidak benar jika kita mencari kesalahan orang lain.

·         Jelas yang berhak menghakimi adalah Tuhan, sumber Kebenaran. Sedangkan kita, anak-anak-Nya, walaupun sudah hidup dibenarkan, tetap bukan sumber Kebenaran. Kita juga belum sempurna dalam menaati dan melakukan kebenaran. Oleh sebab itu kita tidak berhak menilai dan menghakimi orang lain akan sikap mereka terhadap Kebenaran.

·         Renungkan: Dia yang menciptakan semua manusia dan yang adalah sumber Kebenaran adalah yang berhak menghakimi semua manusia. Siapakah kita yang berani-beraninya menghakimi sesama kita?

 

3.    American idol tidak bisa dipisahkan  dari sijon Cowell, salah seorng juri American Idol yang sangat tajam, kritis, dan nyelekit. Kalau memberikan komentar. Bahkan kesuksesan  AI sedikit banyak dipengaruhi oleh Simon Cowell. Dalam bisnis hiburan semacam ini, penilaian dan  dan kritikan tajam seperti ini   memang diperlukan, bahkan hal  tsb ditunggu-tunggu. Bahkan kadang yang ditunggu bukan seperti apa penampilan para kontestannya tapumseberapa pedan komentar  yang bakal ditembakkan oleh SC. Cara SC menghakimi peserta memang menjadi kelebihannya. Hal iytu juga membuatnya meraih sukses besar di dunia hiburan.

 

     Lupakan Sc , kita bukan dia, kita bukan juri, bukan porsi kita untuk memberikan penilaian terhadap seseorang . Apalaghi jika kita mulai mengeluarkan  penilaian atau  penghakiman yang tidak berdasar, sesuangguhnya  hal tersebut akan menjadi blunder atau boomerang bagi diri kita sendiri kelak di kemudian hari. Fir Tu berkata dengan jelas bahwa dengan  penghakiman yang kita pakai untuk menghakimi, kita akan dihakimi dan ukuran yang kita pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepada kita (Mat 7:2).

 

     Jangan sampai kita hobi  menjadi juri untuk  emberikan pemnilaina atau menghakimi orang  lain.  Bukan hak kita untuk menghakimi, sebab  penghakiman adalah hak Tuhan sepenuhnya. Selain itu,  bukankah kita sendiri  penuh kekuarangan  di sana sini?

 

    Tak ada yang mengangkat kita sebagai hakim , jadi jangan suka menghakimi sesame kita.

 

4.    Stereotip adalah memberikan label pada kelompok orang berciri tertentu, Hal ini agaknya memang  sulit dipisahkan dari pikiran kita. Karena kita hifup bersama dengan beragam orang, kita pun berusaha mencari cara untuk  dapat dengan cepat menentukan bagaimana  kira-kira sikap yang pas menghadapi mereka. Sikap saat mehghadapi  anak muda yang berdandanan masa kini, misalnya. Masalahnya, stereotip itu juga kadang salah.  Apalagi  karena stereotip itu pada kenyataannya lebih sering hanya  terpaku pada  hal-hal lahiriah.

a.       Menilai orang adalah hal yang normal, bahkan perlu kita lakukan, Tetapi, Allah mengingatkan  dengan tegas supaya kita tidak  sembarangan menilai dan  menghakimi sesame kita. Jangan  memandang muka. Menilai atau memperlakukan  orang dengan  berbeda hanya berdasarkan  pada apa yang kelihatan   sangat riskan membuat  kita salah menilai atau jatuh  ked lam dosa. Sebaliknya, firmasn  Tuhan menasihatkan agar dalam  menilai atau bersikap terhadap orang lain, kita melakukannya dengan  mengingat bahwa kita pun akan dihakimi dan dinilai dengan  cara yang demikian  juga (ay 38). Ya, berhati-hatilah dalam menilai  orang lain karena apa yang tampak seringkali sangat terbatas.

 

Menilai hanya dari yang kelihatan sering kali menjadi awal dari prasangka.   

 

5.      Betapa sering kita menilai seseorang  bukan berdasarkan penilaian objektif. 

Coba kita tunjuk orang lain, karena ada kesalahannya, tapi jangan lupa bahwa ada jari yang lain menunjuk sangat banyak kea rah kita, berarti kitakan tidak lebih baik dari orang itu. Artinga sama-sama orang memiliki dan melakukan kesalahan kapan pu,. Tidak ada yang benar di dunia. Ini. Dan memang sifat dosa adalah membenarkan diri sendiri dan menyalahkan orang lain. 

No comments: