PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

15.5.20

khotbah Rogate, DOA MEMBAHARUI HIDUP, 1 Tawarikh 17:16-27


DOA MEMBAHARUI HIDUP
1 Tawarikh 17:16-27



Saudara-saudara yang terkasih,
Hari ini kita masuk di Minggu Rogate berarti Berdoa, MARTANGIANG, minggu terakhir sebelum HARI KENAIKAN TUHAN YESUS KRISTUS.itu berarti bahwa setelah Tuhan Yesus naik ke surge, komunikasi kita dengan TUHAN tidak terputus, masih terus ada tetapi bukan lagi secara fisik melainkan melalui DOA. Karena itu, dalam khotbah ini kita akan lebih berbicara tentang arti dan peranan DOA terutama DOA SYUKUR seperti Firman Tuhan hari ini.

Saudaraku! Zaman kita sekarang ditandai dengan alat komunikasi yang semakin hari semakin canggih, yang membuat dunia menjadi kecil (a big village). Semua informasi dapat kita gapai dengan cepat melalui alat portabel (di tangan dan dapat dibawa kemana-mana). Namun sebenarnya, sebagai orang percaya, kita punya lat komunikasi tercanggih, tanpa wayar, tanpa operator, tanpa bayar pulsa (bebas pulsa) dan terbuka 24 jam, tanpa veronica tanpa ‘diluar jangkauan’. Apakah itu? Yaitu DOA. Doa adalah komunikasi orang percaya dengan Tuhannya. Komunikasi timbal balik. Doa bukan hanya menyampaikan permohonan kepada Tuhan. Bukan! Tetapi doa adalah juga kesempatan untuk membangun hubungan dengan Tuhan.

Saudaraku, banyak hal yang dapat kita bicarakan tentang doa. Untuk kali ini, firman Tuhan berbicara tetantang beberapa sisi, yaitu:
1. Doa sangat besar kuasanya! Yakobus 5:16b mengatakan “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya”. Contohnya Elia. Elia berdoa agar hujan tidak turun … benar … hujan tidak turun tiga setengah tahun … Luar biasa … Dan kemudian dia berdoa, hujan turun kembali … Apakah Elia superman? Tidak !!! Dikatakan, dia adalah manusia biasa, sama seperti saya dan saudara. Di mana letak kekuatannya? Ya, di dalam doanya bermuara kepada TUHAN!
DOA sangat besar kuasanya! Seperti yang dialami Raja Hiskia yang mendekati kematiannya di 2 Raja-raja 20. Diceritakan bahwa keputusan Allah berubah karena DOA. Di ayat 2 dikatakan “Hizkia berdoa dengan tulus, dengan segenap hati sampai menangis”. Selanjutnya di ayat 6, Allah berkata “Aku akan memperpanjang umurmu 15 tahun lagi”. Keputusan Allah berubah. Karena apa? Baca ayat 5 “Telah kudengar doamu dan telah kulihat air matamu”. Itulah kuasa doa yang luar biasa.
Doa itu ibarat kabel yang menghubungkan bola lampu ini ke generator penghasil listrik sehingga kekuatan generator mengalir kepadanya dan dia dapat menyala. Demikian halnya dengan, melalui doa, kita dikontakkan kepada TUHAN ALLAH yang mahakuasa yang dapat melakukan segala sesuatu sehingga kuasa ALLAH disalurkan kepada kita.
Karena itu, jangan abaikan hidup dalam doa. Bila kita lemah, bila kita butuh kekuatan, semangat, ide, dorongan. Mari panjatkan doa kita, kontakkan dirimu dengan Allah sumber segala sesuatu itu.
Martin Luther mengatakan “ Doa adalah nafas kehidupan orang Kristen”
Martin Luther King, Jr. mengatakan: “Menjadi seorang Kristen tanpa doa, sama tak mungkinnya dengan kehidupan tanpa bernafas.”
Ompui Ephorus Emeritus Pdt Dr Justin Sihombing mengatakan: “Kesejatian kekristenan seseorang diukur dari intensitas berdoanya.”
2. Doa Syukur.
Pada ayat firman Tuhan hari ini, Raja Daud berdoa di hadapan Tuhan dengan ucapan syukur yang mana TUHAN menyertai Daud dan keluarga besarnya. Dia mengakui bahwa TUHAN mengetahui siapakah dirinya dan keluarganya sehingga TUHAN tahu apa yang dibutuhkannya yang disediakan oleh TUHAN. Demikian pula dengan kita, doa-doa kita hendaknya tidak melulu berisi sederetan daftar permohonan jasmani semata namun sampaikanlah doa syukur kita agar kita tahu akan diri kita dan mengalami kuasa TUHAN yang mahakuasa.

Karena itu saudara-saudara, semakin rajinlah berdoa. Hidup kita akan berubah ke arah yang lebih baik bila semakin banyak berdoa. Doa memberi kita semangat, kekuatan, motivasi yang kuat, semangat hidup, inspirasi hidup, pikiran yang tenang dan jernih dan hal-hal positif lainnya. Karena itulah, BE HKBP nomor 487 dituliskan: “Tung halak na margogo sipartangiang i”. Orang yang rajin berdoa itu sangat kuat dalam segala hal termasuk pada saat sesibuk apapun. Seperti yang dilakukan tokoh gereja John Wesley, “pada waktu ia sibuk maka ia mengambil waktu tiga jam untuk berdoa MAKA apabila pada saat ia sibuk sekali MAKA memerlukan enam jam doa”. Tetaplah berdoa (1Tes. 5:17). Doa itu akan memperbaharui hidup kita.

Dalam hal berdoa, kita sudah tahu jelas jawaban doa kita kepada Tuhan, yaitu Ya dikabulkan, tunggu dulu dan TIDAK wah kecewa kah kita? Pernah dengar cerita tentang UNTUNGLAH TUHAN TIDAK SELALU MENJAWAB DOA KITA. Kenapa? Pernah Ompui Ephorus kita Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam bukunya bercerita:
Pernah seorang pejabat datang ke rumah pendeta. Dengan sangat gemetar, dia minta tolong ke pada pendeta. “Tolong pak Pendeta. Hari ini saya ke luar kota … naik pesawat …”. Pendeta heram: “kan naik pesawat, lebih enak, murah, cepat dan pesawat sekarang sudah canggih”. Tetapi si pejabat terus memohon dengan gemetar. lalu dia bercerita kepada Pendeta. Rupanya, sewaktu masih kecil, ketika ia menggembalakan kerbau di kampong, suatu kali melintas sebuah kapal terbang. Ketika itu, naik pesawat hanyalah milik orang terkaya karena mahal. Lalu saat itu dia berdoa: “Tuhan, bila Tuhan memberi aku kesempatan naik pesawat terbang, sekali saja pun, saya sudah rela mati, Amin”. Doaitu yang dia ingat setiap dia naik pesawat dan selalu mengkuatirkan dirinya, kalau-kalau Tuhan mengabulkan doanya tersebut maka tamatlah riwayatnya. UNTUNGLAH TUHAN tidak selalu mengabulkan doa kita karena Tuhan sangat mengasihi kita dank arena Tuhan tahu hal yang terbaik bagi kita dan waktu yang terbaik untuk memberikannya.
Apapun jawaban dari TUHAN, semua baik dan terbaik. Sama seperti Tuhan Yesus berdoa dan memohon agar CAWAN ini berlalu tapi selanjutnya Dia katakan KEHENDAK TUHANLAH YANG JADI. Amen.
MP




No comments: