PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

24.4.20

Renungan : KEDATANGAN YESUS DAN KESUDAHAN DUNIA (Matius 24 : 3 - 8)

KEDATANGAN YESUS DAN KESUDAHAN DUNIA
(Matius 24 : 3 - 8)



Bagaimana perasaan kita apabila ada pengumuman bahwa hari ini adalah hari kiamat! Percaya atau tidak percaya. Menangis atau gembira. Yakin atau khawatir. Apapun tanggapan kita akan hal itu, menunjukkan kita akan kesiapan kita untuk kedatangan Tuhan Yesus Kristus Kedus Kali ke dunia ini. Hal yang sama seperti itu juga dialami para murid-murid sehingga mereka perlu mengetahui, apakah akan segera terjadi peristiwa akhir zaman? Lebih jelasnya, mereka bertanya kepada Yesus, katanya: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" (Matius 24:3).
Pertanyaan seperti ini membuktikan, Pertama, adanya perasaan khawatir tentang peristiwa alam dan gejolak kejahatan manusia. Kedua, kedatangan Tuhan yang kedua kali menunjuk tentang masa penghakiman untuk memilah orang percaya dari orang berdosa. Kedua hal ini mereka butuhkan untuk menjamin konsistensi iman mereka supaya mereka kuat, tabah, dan siap menghadapi tantangan dan resiko hidup.
Yesus memberikan jawaban berupa tanda-tanda akhir.
Pertama, akan muncul banyak nabi-nabi palsu yang menyesatkan orang-orang (ay. 5&11).
Kedua, terjadi deru perang dan kabar tentang perang (ay. 6-7).
Ketiga, Penganiayaan terhadap orang Kristen meningkat (ay. 9).
Tanda-tanda di atas bisa mengakibatkan banyak orang percaya yang imannya tidak kuat kemudian menjadi murtad dan meninggalkan Tuhan (ay. 10). Mengapa orang percaya bisa menjadi murtad? Karena mereka kehilangan jati diri dan imannya lemah kepada Tuhan, sehingga iman mereka pun menjadi rapuh (ay. 12).
Namun tanda yang terakhir yaitu Keempat, Injil Tuhan akan diberitakan ke seluruh dunia (ay. 14).  Ini yang menyenangkan hati. Kondisi sosial dan situasi alam yang terjadi seperti dimaksud oleh nats ini menggambarkan bahwa manusia membutuhkan Juruselamat (penyelamat) ketika menghadapi ancaman akhir zaman dan penyesatan. Oleh karena itu, hidup keKristenan diingatkan oleh renungan pada Minggu Advent III ini bahwa sikap kita tidak perlu takut, khawatir dan ragu tentang jaminan keselamatan yang dinyatakan Tuhan, Allah kepada kita. Sebab Allah menyayangi dan melindungi orang percaya sehingga Ia mengutus putra-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal (Yohannes 3:16). Amin.

No comments: