PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

14.12.23

Berilmu dan Bijak


RENUNGAN HARIAN
Kamis, 14 Desember 2023

BERILMU DAN BIJAK
( Amsal 18 : 15 )


Hati orang berpengertian memperoleh pengetahuan, dan telinga orang bijak menuntut pengetahuan
( Amsal 18:15 )


Renungan dari Amsal 18:15 mengajarkan tentang pentingnya kebijaksanaan dan pengetahuan dalam hidup. Berikut adalah renungan yang dapat diambil dari ayat ini:

1. Pembukaan Hati dan Pikiran
Pertama-tama, kita perlu membuka hati dan pikiran kita terhadap hal-hal baru. Sikap terbuka memungkinkan kita menerima pengetahuan dengan lebih baik. Maka, berlatih untuk melihat segala sesuatu dari perspektif yang berbeda. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah ada cara lain untuk melihat atau memahami hal ini?".

2. Pencarian Ilmu
Telinga yang mencari ilmu mencerminkan niat aktif untuk terus belajar. Ilmu tidak hanya diperoleh secara pasif tetapi juga melalui usaha dan ketertarikan pribadi. Maka, tetaplah merasa lapar akan pengetahuan. Tetapkan waktu untuk membaca buku, mengikuti kursus, atau berpartisipasi dalam diskusi yang dapat memperluas pemahaman dan wawasan kita.

3. Kebijaksanaan dan Pengetahuan

Ini menunjukkan bahwa kebijaksanaan dan pengetahuan saling terkait. Pengetahuan tanpa kebijaksanaan mungkin tidak efektif, dan sebaliknya, kebijaksanaan tanpa pengetahuan mungkin terbatas. Maka, saat menghadapi keputusan, pertimbangkan pengetahuan yang ada, tetapi juga terapkan kebijaksanaan dalam menerapkannya. Pertimbangkan dampak jangka panjang dan nilai-nilai yang mendasarinya.

4. Sumber Pengetahuan yang Beragam
Pengetahuan dapat ditemukan melalui berbagai sumber, termasuk pengalaman pribadi, literatur, dan interaksi dengan orang lain. Maka, jangan terbatas pada satu sumber informasi saja. Luangkan waktu untuk memahami pandangan dan pengalaman orang lain. Ini dapat membantu kita mendapatkan wawasan yang lebih kaya.

5. Pertumbuhan Pribadi
Pertumbuhan pribadi adalah tujuan utama. Kita diundang untuk terus berkembang dan menjadi versi yang lebih baik dari diri kita sendiri. Maka, Tetapkan tujuan pertumbuhan pribadi dan evaluasi diri secara teratur. Fokus pada pengembangan keahlian, keterampilan, dan sikap yang akan meningkatkan kualitas hidup kita dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitar.

Amsal 18:15 tidak hanya memberikan pemahaman tentang nilai pengetahuan dan kebijaksanaan tetapi juga menuntun kita untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadi yang berkelanjutan.

DOA :

Kiranya Tuhan senantiasa memberikan  perlindungan mulai pagi hingga malam. Tuhan juga menambah semangat baru dalam mengerjakan pekerjaan, usaha maupun pelayanan kita semua.

 

Tuhan juga memberikan kebahagiaan bagi yang berulang tahun kelahiran maupun berulang tahun pernikahan, kiranya Tuhan memberikan umur panjang dan dilancarkan dalam meraih rejeki serta bertambah sukacita bagi keluarga besar.

 

Kiranya Tuhan menyembuhkan kita dan memulihkan kita dari penyakit. Bagi yang berduka kiranya diberikan penghiburan dari Allah yang Maha Tinggi. Tuhanlah yang memberikan pekerjaan sesuai dengan talenta dan keahliannya.

 

Tuhanlah yang mempertemukan jodohnya dan memberkati tepat pada waktunya. Tuhanlah yang menambahkan sukacita bagi keluarga yang menantikan keturunan tepat pada waktunya. 

  

Kiranya Tuhan juga menyembuhkan Jeje dan Jojo di Ngabang dari sakit yang mereka derita. Kiranya Tuhan memulihkan Bapak Pernando Simanjuntak Bekasi agar semakin sehat. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami naikkan doa ini. Amin.

 

No comments: