PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

13.10.23


RENUNGAN HARIAN
JUMAT, 13 Oktober 2023

TUHAN ADA
( Kisah Para Rasul 2 : 25 )


Sebab Daud berkata tentang Dia: 
Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, 
karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
(Kisah Para Rasul 2 : 25)

Kisah Para Rasul 2:25 mengutip perkataan Raja Daud dalam salah satu Mazmurnya, yaitu Mazmur 16:8. Daud adalah seorang yang mengalami berbagai peristiwa dalam hidupnya, termasuk perjuangan dan kemenangan. Dalam renungan ini, kita dapat memahami beberapa pesan penting:

1) Kepercayaan kepada Tuhan: 
Daud menyatakan bahwa dia senantiasa melihat Tuhan di hadapannya. Ini adalah ungkapan kepercayaan yang mendalam kepada Allah. Kita juga diajak untuk memiliki kepercayaan yang kuat kepada Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita.

2) Kekuatan dalam Kehadiran Tuhan: 
Daud merasakan bahwa Allah selalu ada di sebelah kanannya. Ini menggambarkan keyakinan bahwa Allah memberikan perlindungan dan kekuatan. Demikian pula, kita dapat mencari kekuatan dalam hubungan kita dengan Tuhan.

3) Keutamaan Kehadiran Tuhan: 
Daud menyatakan bahwa Allah ada di sebelah kanannya untuk membuatnya kokoh. Ini mengajarkan kita bahwa kehadiran Tuhan adalah sumber kekuatan dan keteguhan dalam hidup kita. Ketika kita memprioritaskan hubungan kita dengan Tuhan, kita akan menjadi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan.

4) Kesetiaan dan Kekuatan Dalam Perjalanan Iman: 
Daud adalah salah satu figur dalam Alkitab yang mengalami berbagai perjalanan iman, dengan kemenangan dan kegagalan. Namun, kesetiaannya kepada Tuhan adalah ciri yang menonjol. Demikian juga, kita diingatkan untuk tetap setia kepada Tuhan dalam perjalanan iman kita, karena di dalam-Nya kita akan menemukan kekuatan dan kekokohan.


Renungan ini mengajak kita untuk merenungkan pentingnya kepercayaan kepada Tuhan, kehadiran-Nya dalam hidup kita, dan bagaimana kesetiaan kepada-Nya memberikan keteguhan dan kekuatan. 


Ilustrasi untuk mempermudah pemahaman:

Bayangkan Saudara adalah seorang penjelajah yang berada di hutan yang gelap dan penuh tantangan. Saudara merasa cemas dan takut karena hutan ini sangat besar dan penuh dengan rintangan.

Sekarang, bayangkan ada seorang pemandu yang hebat yang selalu berada di sebelah kanan Saudara. Pemandu ini tahu jalan-jalan yang sulit dan dapat memberi Saudara panduan, nasihat, dan keberanian saat Saudara merasa terancam oleh rintangan-rintangan di hutan.

Dalam ilustrasi ini:

Hutan yang gelap dan penuh tantangan melambangkan hidup kita yang penuh dengan tantangan, ketidakpastian, dan rintangan. Pemandu yang selalu berada di sebelah kanan Saudara melambangkan kehadiran Allah dalam hidup Saudara, yang selalu siap memberi bimbingan dan kekuatan.

Ketika Saudara merasa cemas dan takut di dalam hutan, Saudara tahu bahwa pemandu tersebut selalu ada untuk membuat Saudara merasa aman dan kuat. Ini menggambarkan keyakinan Saudara kepada Tuhan.

Dengan pemandu yang selalu ada di sebelah kanan Saudara, Saudara merasa lebih percaya diri dalam menjalani perjalanan Saudara dan menghadapi rintangan yang mungkin muncul. Demikian pula, dalam hidup kita, kepercayaan kepada Allah dan kehadiran-Nya adalah sumber kekuatan dan keteguhan yang membuat kita lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan. Amin.

No comments: