PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

22.8.20

HOLONG I DO PATIK NA IMBARU ( YOHANES 13 : 31 - 34 )

HOLONG I DO PATIK NA IMBARU
( YOHANES 13 : 31 - 34 )
 
 Kasih Kristus Kepada Kita – U-Channel TV

 

1.    How to say: I Love You? Ups…unang ma jo salah kaprah ate..!

Sungkun-sungkin on  sangat menantang hita halak Kristen secara pribadi na sai torus hita pajumpang dohiot berinteraksi tu halak na sada tu halak na sada muse, songoni ma satorusna..

a.    Boha do tutu sikapta laho patuduhon holong ni rohata molo atik tung adong halak na mangido pangurupion tu hita.

b.    Boha do sikap ta molo adong halak na hansit rohana atik tung adong marsalpuaan hatanta, na so tasadari.

c.    Manang boha do sikapta, atik tung adong halak na tabehn sogo ni rohana, manang na taalo contohnyam, gabe marmusu hita dohot i?

d.   Boha do hita merealisasikan holong ni rohanta tu keluarga (ima holong storge, ima holong na so boi sibagion tu ripe ni halakm nannang tu bna asing); seberapa besar kasih kita kepada pacar kita (kasih eros; kasih asmara, percintaan); manang hubunganta tu dongan / persahabatan, kolega,(kasih filia); jala songon dia ma bentuk holong ni rohanta tu sude halak, adong do pengorbanan manang ndang (kasih agape)?

 

e.    Hata ni Debata mandok, ndang adong marguna na denggan na tabahen molo so didasari HOLONG. Paulus katakan: “Sekalipun seseorang dapat berkata-kata dengan semua bahasa bahkan bahasa malaikat sekalipun, tetapi bila tidak mempunyai kasih – semua itu sia-sia saja. Bahkan meski kita memiliki segala pengetahuan atau punya iman yang sempurna, namun tanpa kasih – hal itu sama sekali tidak berguna (1 Kor 13:3).

 

2.    Memang molo tahata i taringot tu HOLONG, sude do hita mamboto i ate...alai boha do praktekna, ido na naeng ajaron ni Jesus tu hita sahat tu sadari on:  Adong 4 hal, naeng botoonta: ima:

a.    HOLONG i , ima sifat dasar / karakter ni Debata, na jumolo mangholongi hita pardosa na sumalin on, nunga diseahon AnakNa na sasada i i ma Jesus i.

-          Ingkon botoonta do bahwa  di luar ni Kristus, manang di ugamo na asing ndang ditanda, ndang diatusi aha do konsep holong ni roha i. Alai konsep di ugamao na asing ima amal, perbuatan baik, asa dapotan pahala.

-          Haope ia halah Kristen, mangulahon angkia na denggan ima holong ni roha i, ala nunga patrjolo Debata maangaholongi hitam asa sian i ma hita diajari laho mangholongi dongan ni jolma. 

 

b.   Holong ni roha, esensina nunga adong di padan narobi dohot padan Naimbarum jala dasar ni i sude ima parbumei haporsdeaon i.  (1 Kor 13:13).

 

c.    Holong i ima ekspersi ni nat7umimbo sian Debata. Alani ma holong i nirohaa i asa gabe ekspresi ni jolma tu Debataa dohot dongan jolma./

 

d.   Holong ni rohas i, ima parenta do i. (commandment).

 

3.    Di turpuk ta on, dung sidung Jesus dohot angka sisesanNa di na mangan roti di borngin andorang so tartangkup Jesus, si Judas na naeng manjehehon Jesus i, nga kaluar sian parsaoran nasida i. Laos didok Jesus ma tunasida, di hata partadinganNa: Ima taringot hamuliaonNa:

a.    Hamuliaon ni Jesus i, nunga ro marhite SILANG i

b.    Dibagasan Jesus i do Debata marsangap, ima siala HAUNDUHON ni Jesus i mamboan Hamuliaon tu Debata. Hanya ada satu jalan bagi orang untuk menyatakan bahwa ia mengasihi, mengagumi dan mempercayaui seorang pemimpin; dan itu ialah mematuhinya. Jala bentuk penghormatan na timbo jala hamuliaon na timbo do i naniulahon ni Jesus i tu Ama i.

c.    Dibagasan pengorbanan ni Jesus i dipasangap Debata.

d.   Nunga marsangap Debata marhite silang ni Jesus i, songon i nang di haroroNa muse na paduahalihon.

 

4.    Sian hata partadingan ni Jesus i tu angka siseanNa, Aha do na ummangat na pinasahat ni Jesus tu angka sisean i nang tu hita sahat tu partingkianta nuaeng?

a.       Holong ni Jesus i na, ndada holong na mementingkan diri sendiri.

b.      Kasih yang bersifat pengorbanan.

c.       Kasih yang penuh pengertian

-       Kasih yang sesungguhnya mempunyai mata yang terbuka (bukan cinta buta).

-       Ketika orang dapat mengenal seseorang jika orang itu sering bersama, maka kelihatan suifat, wataknya, sifat, kelemahan, jika tidak, maka yang terlihat hanya yang terbaik saja.

-       Kasih menerima kita apa adanya.

d.      Kasih yang bersifat pengampunan.

-          Kasih yang sejati dan lestari adalah dibangun oelh pengampunan, karena kasih tanpa pengampunan mau tidak mau akan mati.

-          Jika kita mau mengerti bahwa tidak ada yang sempurna  maka mau mengampuni.

 

Jadi HOLONG i do patik Naimbaru i jala molo masihaholongan hamu.

 

 

5.    Denis Watley, sahalak na mangalehon singkatan / akronim taringot tu holong; love” = kasih atau cinta. Menurut ibana, molo na sintong do hita mangulahon holong ni rohaa i, duia ma praktekka? Manang na mangholongi ripenta pe, keluarga, rekan kerja, dlsb, maka kita akan melakukan empat hal: ima akroni sian LOVE:

 

a.    L : Listen (mendengarkan; ingkon boi do hita manangihon, mambage na nidok dongan)/ Ala siaan na manangihon i do tubu sikap na menghargai.  

-       Tahukah Anda bahwa mendengarkan adalah hal paling utama sekaligus paling sulit dalam communication skill (seni berkomunikasi)? Jadi, belajarlah untuk mendengarkan. Tindakan ini pasti menyenangkan.

-       Ketika Anda mengasihi Allah, maka Anda harus mendengarkan Dia, apa yang didengarkan? Perintah atau Hukum-Nya.

 

b.    O : Overlook (tidak melihat; pola so binereng i, diaa ma, ima hahurangan!).

-       Mengasihi/mencintai seseorang haruslah tanpa syarat. Jangan gunakan kata “kalau”: kalau kamu baik, kalau kamu cantik, kalau kamu kaya, kalau kamu giat bekerja, kalau kamu nggak pemabuk, dlsb….

-       Seharusnya kita gunakan kata “meski” dalam mengasihi. Meski kamu tidak cantik, meski kamu belum kaya, meski kamu ada kelemahan di sana-sini, tidak hanya melihat kekurangan-kekurangannya saja, tapi juga kelebihan-kelebihan yang ada padanya.

-       Molo adong hahurangan ni parumaen, pola so binereng i, na mosok do lompalompana, hurang do sirana, dlan.

-       Songoni hela, molo tung pe so apala malo mangalukui karejonam,, otik gajina,...ba..pola sinaritahon i...asal ma dengan...denggan rumahtanggana.

-       Allah juga mengasihi kita, justru tidak melihat kehebatan, kelebihan atau kekurangan kita, tapi ‘sebagaimana adanya kita’ manusia yang penuh dosa.

-       Allah melihat apa adanya kita, bukan karena ada apanya kita.

 

c.    V  : Voice (suara pujian; ingkon boi saling memuji, kasih aplous).

-       Mengasihi/mencintai bisa kita ekspresikan melalui kata-kata positif yang kita tujukan kepadanya. Bisa juga kita ekspresikan melalui ungkapan pujian yang kita berikan  dengan tulus.

-       Tabo masakanmon hasian; manang mauliatema nunga holong ni rohami tu keuargaku, dlnA.

-       Sesungguhnya kita perlu tahu bahwa pujian yang diberikan dengan tulus akan lebih berdampak secara positif dibandingkan dengan kritikan-kritikan tajam.

 

d.   E  : Effort (Usaha).

-       Mengasihi/mencintai adalah kata kerja aktif. Itu sebabnya mengasihi/mencintai perlu usaha, perlu tindakan, dan tentu saja perlu pengorbanan,

-       Anda bisa saja berkorban tanpa mencintai, tapi jika Anda mencintai/mengasihi pasti Anda berani berkorban (kasih agape).

-       Berikan perhatian, waktu dan hidup Anda untuk orang yang Anda cintai/kasihi. Bukankah Yesus telah lebih dulu mengasihimu-mencintaimu?

 

6.    Kasih bukanlah suatu teori yang diberi isapan jempol, tetapi realitasnya konkrit dalam hidup sehari-hari, terhadap Allah (secara vertical) dan sesama manusia (secara horizontal).

a.       Rumusan kasih tak perlu ada konklusi-konklusi, tapi praksisnya (perbuatan) sehingga tidak berlaku ungkapan “holan hata”, “omdo” (omong doang) atau “nato” (no action talk only) atau hanya “lips service”!

                                   

b.      Ilustrasi: Ada seorang buta sedang berjalan dengan tongkatnya di malam hari, Tangan kanannya memegang tongkat dan tangan kirinya membawa lampu. Pemandangan ini cukup mengherankan bagi seorang pria yang kebetulan melihatnya. Supaya tidak penasaran, pria itu bertanya, “Mengapa Anda berjalan membawa lampu?” Orang buta itu menjawab, “Sebagai penerangan.” Dengan heran pria itu bertanya lagi, “Tetapi bukankah Anda buta dan tetap tidak bisa melihat jalan meski ada lampu penerangan?” Orang buta itu tersenyum sambil menjawab, “Meski saya tidak bisa melihat, orang lain melihatnya. Selain membuat jalan menjadi terang, hal ini juga menghindarkan orang lain untuk tidak menabrak saya.”

 

c.       Di saat kita melakukan sesuatu untuk orang lain, sebenarnya kita sedang melakukan sesuatu untuk diri kita sendiri. Hal ini bisa menjadi rahasia kehidupan ini tersembunyi bagi orang-orang yang egois, kikir, pelit, dan melakukan segala sesuatu berdasarkan apa yang untung bagi diri sendiri. Bagaimana dengan Anda? Share your love..!

No comments: