PERHATIAN

------------------- Dukung Pelayanan saya di Pedalaman Kalimantan melalui Pendirian POS PI (Pos Pekabaran Injil Suku Dalam) ------------------- Bila ada kesulitan dan dukungan doa bisa disampaikan dengan lewat : muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com ------------------- muribo_psrb@yahoo.com -------------------

12.5.08

Kedatang Kristius Lawan Millenium

Millenium tidak pernah dimulai hingga Kristus kembali untuk menjemput umatNya. Istilah Millenium tidak dapat dalam alkitab. Itu berasal dari kata latin: Mille artinya seribu. Anus artinya tahun. Itulah sebanya istilah Millenium artinya seribu tahun. Sebagian orang berpendapat bahwa Millenium menjadi pendamaian dan kemakmuran seribu tahun diatas dunia. Ini bukanlah ajaran alkitab. Iblis berusaha sekuta tenaga untuk membujuk orang supaya mempercayai apa yang salah itu adalah benar sehubungan dengan Millenium. Bahkan ia pun menyamar sebagai “Malaikat terang” dan ia memiliki orang-orang yang menolongnya menyebarkan penipuannya. Baca II Korintus 11:14-15.

1. Peristiwa-peristiwa apa yang terjadi pada permulaan Millenium? Jawab: Jawaban kepada pertanyaan ini ada lim bagian.

  1. Kristus datang

“Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan, kita yang hidup yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit.” I Tesalonika 4:15,16.

  1. Orang-orang benar yang mati bangkit pada kebangkitan yang pertama.

“Mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit.” I Tesalonika 4:16. “Berbahagia dan kuduslah ia yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama.” Wahyu 20:6.

  1. Orang-orang jahat yang hidup dibinasakan.

“Dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diriNya bersama-sama dengan malaikat-malaikatNy a, dalam kuasaNya, didalam api yang bernyala-nyala, dan mengadakan pembalasan terhadap mereka dan tidak mau mengenal Allah dan tidak menaati Injil Yesus, Tuhan kita.” II Tesalonika 1:7, 8.

“Pada waktu itulah sipendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.” II Tesalonika 2:8. Baca Yesaya 11:4. “Deru perang akan sampai ke ujung bumi, sebab Tuhan mempunyai penaduan terhadap bangsa-bangsa, ia akan beperkara dengan segala mahluk: Orang-orang fasik akan diserahkanNya kepada pedang-pedang, demikian firman Tuhan. Beginilah firmanTuhan semesta alam: Sesungguhnya, mala petaka akan menjalar dari bangsa kebangsa, suatu badai besar akan berkecamuk dari ujung-ujung bumi. Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh Tuhan dari ujung bumi sampai keujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan, mereka akan menjadi pupuk diladang.” Yeremia 25:31-33.

  1. Semua orang benar dibawa kesorga.

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit, sesudah itu kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan diangkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.” I Tesalonika 4:16-17. Baca Yohanes 14:1-3; baca juga wahyu 7:9,10 dimana Yohanes orang-orang tebusan berdiri dihadapan takhta di sorga.

  1. Iblis dirantai

“Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar ditangannya, ia menangkap naga si ular tua itu, yaitu Iblis dan Setan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, lalu melemparkanya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu, dan memetraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu, kemudian dari pada itu, ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.” Wahyu 20; 1-3.

Catatan: Iblis dirantai oleh keadaan. Orang-orang benar telah dibawa supaya bersama-sama dengan Kristus, dan orang-orang jahat telah dibunuh. Dunia telah dikosongkan dari penghuninya. Yeremia menyatakan, “Aku melihat, ternyata tidak ada manusia.” Yeremia 4:25. Nubuatan-nubuatan Yeremia (Yeremia 25:31-33; 4:25) mempunyai penerapan utama berkenan dengan Yehuda. Tetapi semua nubuatan tentang hari penghakiman yang demikian adalah jenis pemeriksaan dan hari Tuhan yang terakhir. Apa yang benar pada yang pertama dalam prinsip benar juga yang ke dua.

Catatan : Istilah “lobang yang tak berdasar” berasal dari kata Yunani abussos dari mana kita memperoleh “abyss” (jurang yang tak terduga dalamnya). Segala sesuatu dalam keadaan kacau.

2. Apakah beberapa fakta yang menandakan Millenium? Jawab:

  1. Dunia kosong.

“Aku melihat kepada bumi, ternyata campur baur dan kosong …… Seluruh negeri ini akan menjadi sunyi sepi.” Yeremia 4:23-27.

  1. Orang-orang benar akan berada dalam sorga turut mengadakan penghakiman.

“Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk diatasnya, kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah, yang tidak menyembah bintang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka, dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.” Wahyu 20:4

“Apakah ada seorang diantara kamu, yang jika berselih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tisak benar dan bukan pada orang-orang kudus? Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti? Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apa lagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.” I Korintus 6:1-3.

3. Peristiwa-peristiwa yang tertentu apakah menandai akhir Millenium itu? Jawab:

Jawaban kepada pertanyaan ini ada enam bagian secara berurutan dimana peristiwa-peristiwa itu terjadi.

  1. Orang-orang jahat dibangkitkan.

“Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.” Wahyu 20:5. (Ini adalah orang-orang jahat karena orang-orang benar sudah dibangkitkan 1000 tahun sebelum ini).

  1. Iblis dilepaskan.

“Dan setelah masa 1000 tahun itu berakhir, iblis akan dilepaskan dari penjaranya.” Wahyu 20:7. ( ….akan bebas untuk meneruskan pekerjaan penipuannya yang jahat itu diantara orang-orang jahat yang dihidupkan).

  1. Yerusalem baru turun dari sorga.

“Dan saya Yohanes melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.” Wahyu 21:2.

  1. Iblis mengumpulkan ornag-orang jahat disekeliling kota itu untuk berperang.

“Dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir dilaut. Maka naiklah mereka keseluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentra orang-orang kudus dan kota yang dikashi itu.” Wahyu 20:8-9.

  1. Orang-orang jahat dibinasakan.

“Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka.” Wahyu 20:9 bagian akhir.

Catatan : Apabila seseorang atau sesuatu barang akan dibinasakan, kehacuran total akan terjadi. Ini adalah gambaran yang diberikan dalam Maleakhi 4:1,3.

  1. Dunia baru akan diciptakan.

“…… Tetapi sesuai dengan janjiNya, kita menatikan langit yang baru dan bumi yang baru, dimana terdapat kebenaran. Sebab itu, saudara-saudar yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda dihadapanNya, dalam perdamaian dengan Dia.” II Petrus 3:10-14, baca juga Wahyu 21:1-5.

KESIMPULAN

Yesus menjanjikan, “Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.” Matius 5:5. Dia kutib ayat ini dari Mazmur 37:11. Paulus menyebutkan pemikiran yang sama dengan kata-kata ini: “Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan abraham dan berhak menerima janji Allah.” Galatia 3: 29. Untuk memasuki Yerusalem baru dan Dunia Baru, sifat apa yang akan dimiliki semua orang? Baca Jawabannya dalam Wahyu 22: 14 dan Matius 7:21-23. Menurut Wahyu 21:27 nama-nama orang yang ditebus itu akan dituliskan dalam “Buku kehidupan Anak Domba itu.” Semua orang yang hidup bersama Allah selama-lamanya adalah pria dan wanita yang beriman dan menurut. Baca Ibrani 11: 13-16. Untuk mewarisi hidup kekal orang harus mau meninggalkan semuanya. Baca Mat 19 : 17, 27 – 29.

No comments: